BAGAS CAPER

Nur Rakhmat, SPd

Alamat : Jl. Candi Intan V /1129, RT. 7/RW. 9 Kel. Kalipancur Ngaliyan


DESKRIPSI

“BAGAS CAPER” dan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang” Nur Rakhmat nurrakhmat01@gmail.com Abstrak: Belajar adalah proses perubahan menjadi lebih baik. Jika proses belajar baik, maka hasil belajar bisa berjalan dengan baik pula, termasuk dalam belajar IPS. Seperti yang ditemukan di kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Saat pembelajaran di kelas dengan cara konvensional atau ceramah saja, rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah 61% atau sebanyak 25 siswa dari 41 siswa. Ini artinya, ketuntasan belajar yang dicapai siswa belum maksimal. Selain itu, proses pembelajaran tidak efektif dan kurang komunikatif. Lalu bagaimana langkah yang digunakan untuk mendapat hasil sesuai KKM pada mata pelajaran IPS? Setelah melalui berbagai proses, kami kemudian menggunakan “BAGAS CAPER” dalam pembelajaran IPS. Sebuah metode dalam model pembelajaran kooperatif dengan memadukan antara diskusi kelompok dengan bermain dalam pembelajaran. Lalu, apakah setelah menggunakan “BAGAS CAPER” hasil belajar IPS rata-rata bisa naik? Sesuai dengan tujuan penggunaan “BAGAS CAPER”, yaitu untuk meningkatkan hasil belajar, setelah diterapkan dalam pembelajaran, hasil belajar yang didapat siswa kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang meningkat. Yaitu, dari 25 siswa yang mencapai KKM, menjadi 39 siswa atau dari 61% menjadi 95% atau meningkat 34 % dari sebelumnya. Artinya penggunaan “BAGAS CAPER” dalam pembelajaran bisa meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajarasn. Kata Kunci : BAGAS CAPER, Hasil Belajar, IPS