VRESBU SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 3 PATI

NYAMAT, M.Pd

Alamat : DESA PLANGITAN RT 07 RW 02 PATI 59113


DESKRIPSI

oleh Nyamat, M.Pd. Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Pati nyamatmpd@gmail.com ABSTRAK Karya inovasi pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembuatan alat pembelajaran V-Resbu pada materi menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pati. Serta bagaimana upaya peningkatan kemampuan menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi dengan membuat alat pembelajaran V-Resbu pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pati. Metode dalam karya inovasi ini berupa penelitian tindakan kelas (classroom action research), dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga kemampuan siswa dalam membaca efektif menjadi meningkat. Cara kerja V-Resbu sebagai alat pembelajaran kemampuan membaca efektif bahasa Indonesia melalui tiga tahap yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. V-Resbu pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII J SMP Negeri 3 Pati semester genap tahun pelajaran 2017/2018 cukup membantu mengembangkan kompetensi siswa kemampuan membaca efektif. Dari 22 siswa kelas VII J kemampuan menggunakan bahasa resensi buku sesuai kaidah dengan alat pembelajaran tersebut yang kategori sangat baik 16 siswa sedangkan 6 lainnya berkategori baik. Kata Kunci: V-Resbu, alat pembelajaran, membaca efektif