Polling Detail

VRESBU SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 3 PATI

Manfaat

Manfaat karya inovasi ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca efektif dengan sarana video blog resensi buku (V-Resbu). Dengan alat pembelajaran ini siswa le-bih termotivasi serta mendekatkan mereka pada perkembangan teknologi informasi. Sela-in itu, alat ini sangat mendukung gerakan literasi sekolah (GLS) baik literasi manual yaitu membaca buku dalam bentuk cetak maupun literasi digital (memanfaatkan kemajuan IT dalam kegiatan membaca). Manfaat di atas sudah dibuktikan dengan menerapkan pada penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau PTK yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat (Wardhani, 2014:1.4). Penelitian ini difokuskan pada tindakan-tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan siswa da-lam menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi dengan membuat alat pembel-ajaran video V-Resbu. Mekanisme kerja karya ini dapat dijelaskan pada lampiran bagan 1. Bagan tersebut menunjukan kondisi siswa saat ini, khusunya kelas VII SMP Negeri 3 Pati, belum dapat membuat komentar, memahami contoh pada buku, serta memperhatikan struktur komentar terhadap buku yang telah dibaca. Sebab itu diperlukan suatu tindakan agar siswa termotivasi untuk menulis dan menyampaikan komentar terhadap buku yang telah dibaca. Untuk itu, guru perlu menggunakan alat pembelajaran yang dapat memotiva-si siswa menulis dan menyampaikan komentar. Tindakan tersebut diharapkan siswa teram-pil menulis dan menyampaikan komentar. Salah satu alternatif dengan menggunakan kar-ya inovasi pembuatan alat pembelajaran V-Resbu yaitu Vlog Resensi Buku.